Di Balik Katineung…

Bagi yang sudah melihat-lihat website Katineung, pasti sudah tahu siapa orang-orang hebat di balik Katineung ini. Tapi pada tulisan kali ini, penulis ingin memperkenalkan kembali orang-orang tersebut beserta divisi yang dijalankan untuk membangun Katineung. Dengan visi “Menjadikan Katineung sebagai wadah untuk saling berbagi semangat, pengalaman, dan informasi antar orang Sunda yang sama-sama pernah dan ingin berkeliling dunia”, mereka berdiri dan mengokohkan Katineung bersama-sama.

Pada mulanya, komunitas ini adalah sekelompok diaspora dari Suku Sunda yang sering berkumpul di Sumedang untuk saling berbagi pengalaman di berbagai negara. Kemudian founder, Nuraini Azizah, berinisiatif untuk memberi nama perkumpulan ini “Katineung” dengan anggota berjumlah 20 orang. Dan selanjutya, perkumpulan ini menjadi komunitas karena semakin banyaknya pemuda-pemudi Sunda yang memiliki keinginan untuk pergi ke luar negeri, terutama untuk menempuh pendidikan yang lebih tinggi.

Meskipun sempat vakum, Katineung masih tetap berdiri dan kembali bangkit pada tahun 2020 dengan menjadi komunitas yang mengikuti perkembangan zaman. Kini Katineung memiliki 11 tim kreatif dengan lebih dari 70 anggota. Tentunya, angka ini pun tidak didapat dengan mudah dan mungkin Baraya melihat struktur di website yang berubah-ubah. Tapi itu semua merupakan bagian dari proses perjalanan Katineung. Berikut jajaran tim kreatif Katineung beserta jurusan serta universitas asal.

  1. Lea Nurbayu  (Event Organizer): Psikologi – UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  2. Tiara Gusti  (Event Organizer): Pendidikan Sosiologi – Universitas Pendidikan Indonesia
  3. Rifa Rofifah (Design Content): Psikologi – UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  4. Hasna Fadlilah Wahab (Content Writer): Komunikasi dan Penyiaran Islam – UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  5. Azti Verina Noor Azizah Kosasih (Social Media Officer): Psikologi – UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  6. Wulan Dwi Lestari (Social Media Officer): Psikologi – UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  7. Isna Fitriani (Event Organizer) Komunikasi dan Penyiaran Islam – UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Itulah beberapa orang di balik Katineung dengan berbagai macam latar belakangnya. Kami masih berdiri karena tujuan kami tidak lain adalah sesuai dengan visi misi komunitas ini. Kami ingin terus membagikan semangat, motivasi, pengalaman, hiburan dan informasi kepada kalian yang bercita-cita kuliah di luar negeri. Untuk itu, Baraya bisa mengikuti instagram kami agar mendapatkan informasi seputar beasiswa di @katineungcom. Semoga bermanfaat!

5 Kesenian Sunda yang Bisa Kamu Perkenalkan di Luar Negeri

Sampurasun Baraya Katineung! Kumaha damang?

Setelah sekian purnama, akhirnya kita upload lagi konten di website Katineung hehe. Dan di bulan Mei ini, banyak deadline pendaftaran beasiswa di luar negeri. Bagaimana dengan kamu, Baraya? Sudah mendaftar atau sedang menunggu pengumuman? Berada di tahap manapun, semoga mendapatkan hasil yang terbaik ya, Baraya! Serahkan segalanya pada Tuhan Yang Maha Esa. sun Baraya Katineung! Kumaha damang?

Berbicara tentang beasiswa ke luar negeri, rasanya penting sekali untuk kembali mengingatkan diri dari mana kita berasal. Sebagai orang-orang yang terlahir di tanah Sunda dan wujud kecintaan ka lemah cai, Baraya wajib mengetahui bahkan memperkenalkan kebudayaan Sunda di luar negeri. Karena biasanya banyak orang yang malah terbawa oleh arus budaya luar, sampai melupakan budaya sendiri sebagai identitas diri. Maka dari itu, jangan biarkan budaya yang telah dilestarikan secara turun temurun hilang meski di luar negeri. Justru kita harus bangga dengan keanekaragaman budaya di negeri sendiri.

Meskipun kesenian tidak dapat dipraktekkan oleh semua orang, setidaknya kamu harus tahu dan mengenal lebih dalam mengenai kesenian yang menjadi kekayaan Suku Sunda agar dapat memperkenalkannya pada dunia. Namun sebelumnya, perlu kamu ketahui bahwa kesenian-kesenian ini sudah populer di luar negeri lho. Jadi, jangan sampai Baraya tidak tahu saat teman-teman yang berasal di luar negeri bertanya tentang kebudayaan Sunda. Berikut 5 kesenian Sunda yang bisa kamu perkenalkan di luar negeri:

  1. Angklung
Sumber: merdeka.com

Alat musik tradisional Jawa Barat ini telah dipentaskan pada banyak acara di berbagai belahan dunia. Dan tentunya bagi Baraya Katineung, alat musik ini sudah tidak asing lagi. Terbuat dari bambu, angklung dimainkan dengan cara digoyangkan. Ada beberapa jenis angklung di antaranya, angklung kanekes, angklung dogdog lojor dan angklung reyog. Masyhurnya alat musik ini tidak terlepas dari peran seorang seniman angklung, Udjo Ngalegena, yang telah mengajarkan cara bermain angklung ke berbagai komunitas sejak tahun 1966. Karena itu pula, kita tidak akan asing dengan “Saung Angklung Udjo”.

2. Suling

Sumber: nandaabiz.com

Suling juga tak kalah terkenalnya dengan angklung. Suara merdu yang dihasilkannya pasti akan mengingatkan kita pada kehidupan di Tanah Sunda. Suling khas Sunda tidak dibuat dari sembarang bambu, akan tetapi terbuat dari bambu khusus yaitu bambu Tamiang. Cara memainkannya yaitu ditiup dan nadanya diatur oleh gerakan jari dan kecepatan aliran udara yang ditiupkan pemain.

3. Jaipongan

Sumber: merahputih.com

Tari Jaipong atau Jaipongan merupakan tarian khas Sunda yang berasal dari Karawang. Tarian yang menggabungkan gerakan pencak silat, wayang golek, ketuk tilu, topeng banjet dan lainnya ini dikenalkan pertama kali oleh H.Suanda pada tahun 1976. Ciri khas dari Jaipongan yaitu ceria, spontan, erotis, semangat, humoring, dan sederhana.

4. Wayang Golek

Terbuat dari kayu, wayang golek dimainkan oleh seorang dalang seperti wayang kulit oleh seorang dalang. Boneka-boneka kayu ini digerakkan saat dipentaskan sebuah drama yang biasanya bertemakan keagamaan, dan dibawakan dalam bahasa Sunda.

Sumber: penerbitbukudeepublish.com

5. Sisingaan

Sisingaan merupakan salah satu pertunjukan yang menggunakan hewan tiruan yang diangkat menggunakan tandu. Pertunjukan ini diiringi oleh musik dan tarian. Sisingaan ini terinspirasi dari Reog Ponorogo dan kemudian dibawakan dengan khas Subang. Pertunjukkan sisingaan ini biasanya dilakukan dengan mengelilingi kampung atau jalanan kota.

Sumber: kebudayaan.kemdikbud.go.id

Sekian ringkasan penjelasan mengenai 5 kesenian Sunda yang bisa kamu perkenalkan. Cari tahu lebih lanjut mengenai hal ini pada laman lainnya. ingat! di manapun kamu berada, kamu sedang membawa identitas sebagai masyarakat Sunda. Kamu tidak keren saat mengikuti budaya luar sampai melupakan asal diri sendiri. Tapi kamu sangat keren, saat mengenal kesenian Sunda lebih dalam dan bahkan mengenalkannya pada dunia.

Sumber: 101 Kebudaayaan Sunda yang Populer di Indonesia – IlmuSeni.com

WEBINAR STUDY ABROAD JOURNEY “LIFE AND STUDY INI JAPAN” BERSAMA AFINA NUR FAUZIYYAH

Sampurasun Baraya Katineung, kumaha damang?

DUA HARI LAGI! Katineung akan kembali mengadakan webinar dengan tema “Life and Study in Japan” bersama Afina Nur Fauziyyah, S.Farm., M.H.Sc., seorang awardee LPDP dan merupakan Magister Ilmu Kesehatan, Universitas Tokyo.

Menariknya, Kak Afina ini merupakan lulusan dari salah satu universitas terbaik dan paling bergengsi di Jepang. Bagi para pemimpi yang ingin berkuliah di Negeri Sakura, pasti sudah tidak asing dengan universitas yang lebih dikenal dengan Todai (Tokyo Daigakku) ini, kan?

Wah, bagaimana ya perasaan Kak Afina kuliah di universitas terbaik tersebut? Dengan karakter warga Jepang yang dikenal ambisius dan kompetitif, bagaimana Kak Afina memperjuangkan studinya dalam pressure yang tinggi? Penasaran, kan?

Yuk, ikuti webinar Katineung pada tanggal 4 April 2021 pukul 10.00-selesai via Google Meeting, bersama Kak Afina yang akan membagikan pengalaman hidup dan studi selama di Jepang! Daftarkan diri kamu SEGERA di link yang tertera di bio instagram @katineungcom , atau hubungi nomor contact person yang ada di bawah pamflet. See you, guys!

Persiapan Kuliah di Luar Negeri masih 0? Baca Ini!

Mungkin saat ini, kuliah di luar negeri masih menjadi cita-cita. Namun tanpa usaha, cita-cita tersebut tidak akan terwujud. Terlebih untuk mewujudkan berkuliah di luar negeri bukan hal yang mudah. Sangat diperlukan perencanaan dan persiapan yang matang. Lalu bagaimana dengan persiapanmu? Sudah siap, atau masih belum tau apa yang harus dipersiapkan?

Sebelum menyiapkan hal-hal yang bersifat administratif, kamu harus membuat rencana kuliah di luar negeri atau study plan. Dengan perencanaan yang baik, persiapanmu juga akan lebih terarah. Karena dengan perbedaan keadaan, baik secara geografis atau kebudayaan, kuliah di luar negeri akan menjadi riskan tanpa persiapan.

Pertama, tentukan apa yang menjadi keinginan dan minat kamu. Menjadi seorang jurnalis, sastrawan, dokter atau pebisnis dan sebagainya? Lihat kembali riwayat pendidikan serta pengalaman kamu dalam suatu bidang, entah dari pengalaman organisasi atau pengalaman kerja yang berkaitan dengan bidang keilmuan yang akan kamu pelajari.

Pilihlah apa yang benar-benar jadi minat kamu, agar berkuliah di luar negeri menjadi sesuatu yang menyenangkan dan bisa kamu nikmati. Dengan menikmati perkuliahan, kamu masih bisa fokus terhadap apa yang menjadi tujuan kamu. Sedangkan, akan ada banyak gangguan karena beradaptasi dengan banyak hal yang tidak selamanya bisa dilalui dengan mudah.

Kedua, tentukan negara dan universitas yang menjadi tujuan kamu. Hal ini menjadi sangat penting karena kamu akan menjalankan kehidupan di sana selama beberapa tahun dan menentukan kualitas pendidikan yang akan kamu dapat.

Beberapa hal yang harus menjadi pertimbangan kamu dalam menentukan negara dan universitas ini adalah :

  1. Kondisi geografis. Kamu harus  mampu bertahan dengan jarak yang jauh serta musim di negara tersebut.
  2. Kondisi budaya. Kamu harus tahu bagaimana dengan kebudayaan di negara pilihan kamu. Apakah akan menyulitkan kamu? Atau kamu mampu beradaptasi dengan hal itu? Yang paling penting, apakah dengan identitas (negara asal, ras atau agama) kamu akan aman di negara tersebut?
  3. Rating universitas berdasarkan minat kamu. Jika minatmu adalah kedokteran, pilihlah universitas dengan kedokteran peringkat terbaik di negara tersebut. Tentunya pilihan universitas ini tidak selalu harus peringkat satu, bisa disesuaikan dengan beasiswa yang kamu apply atau sesuai dengan persyaratan dan kemampuan diri.

Biasanya pilihan negara dan universitas ini terinspirasi oleh sesuatu atau dianjurkan oleh orang lain. Misalkan kamu ingin berkuliah ke negara Jepang karena terinspirasi oleh anime, atau ingin berkuliah di Mesir karena anjuran keluarga. Atau mungkin karena minat dan pendidikan sebelumnya di kedokteran, maka pilihanmu adalah negara Jerman yang memiliki pendidikan kedokteran terbaik di dunia.

Agar kamu banyak mendapatkan insight tentang pilihan negara dan universitas ini, kuncinya adalah membaca. Di zaman teknologi ini, kita dapat dengan mudah mengakses berbagai informasi dari seluruh penjuru dunia. Hanya saja tergantung bagaimana cara kita memanfaatkan kemudahan ini.

Sudah banyak website dan akun media sosial yang memberikan informasi mengenai beasiswa luar negeri. Salah satunya indbeasiswa.com dan akun twitter @BeasiswaGratis . Begitupula melalui akun instagram @katineungcom, kami akan selalu memberikan informasi beasiswa ter-up to date. Jadi stay tune terus untuk informasi beasiswa lainnya.

Sumber gambar ; Canva.com

KATINEUNG SCHOLARSHIP BOOTCAMP “PREPARE YOURSELF TO STUDY ABROAD”

Sampurasun baraya Katineung!

Untuk mengawali awal tahun 2021 ini, Katineung mengeluarkan program terbaru nih yaitu Katineung Scholarship Bootcamp.

Apa sih itu?

Katineung Scholarship Bootcamp merupakan salah satu program katineung yang berisi pelatihan-pelatihan secara beruntun dalam mempersiapkan hal-hal yang diperlukan dalam memenangkan beasiswa. Tujuan dari program Scholarship Bootcamp adalah untuk memberikan pelatihan kepada para Scholarship hunter mengenai hal-hal yang perlu dipersiapkan dalam memenangkan beasiswa. Program ini berbentuk Rangkaian Pelatihan praktik melalui Zoom Meeting/Google Meet. Dimana rangkaian materi tersebut terdiri dari 5 sesi yang akan membahas mengenai hal-hal yang perlu dipersiapkan dalam memenangkan beasiswa. Diantaranya sebagai berikut :

1. Kiat Memilih Kampus & Bidang Studi Lanjutan

Pemateri : Lutfi Prayogi

Tanggal : Selasa, 12 Januari 21

Waktu : Pukul 15.30 WIB – selesai

Pelatihan ini akan berisi mengenai tantangan dalam memilih studi, strategi memilih peluang kampus dan tips-tips memilih bidang studi lanjutan yang cocok diambil berdasarkan studi sebelumnya atau prospek studi.

2. Cara Membuat Studi Plan & Research Plan

Pemateri : Nur’aini Azizah, M. A-Psyc

Tanggal : Rabu, 13 Januari 2021

Waktu : Pukul 15.30 WIB – selesai

Pelatihan ini akan berisi mengenai format/struktur studi plan dan research plan, dan tips-tips membuat studi plan dan research plan yang baik dan benar.

3. Cara Membuat CV & RESUME

Pemateri : Seruni Fauzia Lestari

Tanggal : Jum’at, 15 Januari 2021

Waktu : Pukul 19.00 WIB – selesai

Pelatihan ini akan berisi mengenai strategi pembuatan CV dan Resume yang baik dan benar, dimulai dari format, tips-tips, dan bedah CV .

4. Pengenalan Toefl & Ielts

Pemateri : Agus Joharudin

Tanggal : Sabtu, 16 Januari 2021

Waktu : Pukul 10.00 WIB – selesai

Pelatihan ini akan berisi mengenai perbedaan Toefl dan Ielts, mengenai jumlah soal dan skor, pengerjaan dan tips-tips agar memiliki skor Toefl dan Ielts yang bagus.

5. Cara membuat Motivation Letter (study objektif dan personal statement)

Pemateri : Sarah Aisha

Tanggal : 17 Januari 2021

Waktu : Pukul 15.30 WIB – selesai

Pelatihan ini akan berisi mengenai strategi membuat motivation letter dari format dan tips-tips membuat motivation letter yang menarik penyelenggara.

Untuk biaya bootcamp ini sangat terjangkau nih bagi para pelajar atau mahasiswa, dijamin murah dan banyak benefitnya untuk baraya Katineung.

Ada beberapa macam pilihan paket dalam mendaftarkan diri ke scholarship bootcamp ini :

1. Paket Normal : 30.000 (mulai dari 25 Desember 2020 – 10 Januari 2021)

2. Paket Trio (3 orang) : 80.000 (mulai dari 25 Desember 2020 – 3 Januari 2021)

3. Paket Pertemanan (5 orang) : 120.000 (mulai dari 25 Desember 2020 – 3 Januari 2021)

Adapun Give away gratis untuk 3 orang dari tanggal 25 – 28 Desember 2020 dengan kriteria  :

Upload twibbon dan caption cerita motivasi mimpi kamu dan mengikuti kegiatan, Tag 5 orang dan ig katineung.  Pengumuman Give Away : 31 Desember 2020

Kegiatan akan dilaksanakan antara 12 – 17Januari 2021.

Alur pendaftaran :

1. Mendaftarkan diri melalui form dengan klik disini : DaftarScholarshipBootcamp

2. Setelah daftar di gform, silahkan konfirmasi pembayaran melalui link yang tertera di google form

3. Setelah konfirmasi, Anda akan masuk ke grup WhatsApp untuk pemberian informasi dan link terkait kegiatan.

Yuk daftar dari sekarang! 🙂

Diajar di Nagara Malaysia

               MALAYSIA. Saha nu teu terang Malaysia ? Nagara anu dikenal salaku asal muasal kartun Upin-Ipin mangrupikeun salah sahiji nagara anu di jugjug di Asia Tenggara kalayan boga pesona anu luar biasa. Ieu ditilik ku sababaraha faktor, salah sahijina nyaéta lokasi Malaysia anu strategis. Unggal nagara ngagaduhan kaistiméwaan sewang-sewang pikeun daérah na, sapertos nagara tatanggi ieu anu sekutu sareng nagara urang mangrupikeun salah sahiji diantarana. Saha anu nyangka yén nagara anu pamaréntahanna dipimpin ku Perdana Menteri ngagaduhan loba hal-hal anu menarik.

               Dina hal ranking, Malaysia mangrupikeun nagara anu ngagaduhan kualitas pendidikan satingkat di luhur Indonésia. Pikeun anjeun anu resep diajar di luar negeri, Malaysia mangrupikeun tujuan anu leres. Paguron luhur anu hadé di Malaysia anu ditingali ku Asia, aya sababaraha hiji nyaeta sapertos ;

1)      Univerisity Malaysia (UM)

2)      Universitas Kabangsaan Malaysia (UKM)

3)      Universitas Putra Malaysia (UPM)

4)      Universitas Téknologi Malaysia (UTM), Anu ngagaduhan reputasi anu saé dina arena nasional sareng internasional.

               Naon wae kaunggulan diajar di Malaysia ? Ieu aya sababaraha kaunggulan diajar di nagara Malaysia nyaeta :

1) Bahasa anu dianggo dina kahirupan sadidinten keur diajar nyaeta basa Inggris Manglish atanapi Malaysia anu ngagaduhan logat sareng aksen khas Melayu.

2) Biaya hirup lumayan pikeun pelajar internasional dibandingkeun sareng nagara-nagara sanes di Amerika, Eropa sareng nagara-nagara Asia nusanesna.

               Pendidikan di Malaysia bisa dimenangkeun ti sakola anu disponsoran pamarentah, sakola swasta atanapi mandiri. Sistem pendidikan terpusat utamina pikeun sakola dasar sareng sakola menengah. Pamarentah nagara teu ngagaduhan kakawasaan kana kurikulum sareng aspek sanes pendidikan dasar sareng menengah. Sistem pendidikan di Malaysia oge nerapkeun ujian standarisasi anu mangrupikeun ciri nu umum pikeun nagara-nagara Asia sapertos Singapura sareng Cina.

Sumber :

  • news.detik.com
  • Blog.qelola.com
  • wikipedia.com

Sharing Session: From Sumedang To Singapore bersama Renik Pertiwi

Katineung sharing session is back! Untuk membuka tahun 2018, kami akan ngobrol-ngobrol dengan Renik Pertiwi. Anak muda Sumedang yang pernah berkuliah keperawatan di Nanyang Polytechnic dan kini sudah menjadi perawat terdaftar di Singapore.

Ikutin ceritanya Renik pada 7 Januari 2017 pukul 19.00 WIB, live streaming di YouTubenya Inimahsumedang. Kalo yang mau nonton tapi akses internet terbatas, bisa dateng langsung ke Sawala Space. Sampai jumpa!

Teu aya deui paribasa kurung batok! Yang belum bergabung dengan Katineung bisa ke katineung.com/join

#katineung #katineungsunda #katineungsumedang #singapore #asean #inimahsumedang #sumedang #diasporasunda

Renik Pertiwi
Renik Pertiwi

Sharing Session: From Sumedang To Yamanashi bersama Mega Lia Istiyanti

UPDATE: Link streaming

Setelah kita ngobrolin bagaimana studi di New Zealand, kini giliran kita ngobrolin Jepang dan kota Yamanashi bersama Mega Lia Istiyanti, Mahasiswa di University of Yamanashi. Isti akan berbagi kepada teman-teman semua mengenai pengalamannya studi di Jepang. Mulai dari cerita bisa sampai ke sana dan kehidupan di sana.

Pantengin Youtube nya Inimahsumedang hari Sabtu, 7 Oktober 2017 jam 19.00 WIB. Karena kita akan live streaming dari Indonesia dan Jepang. Kalo yang mau nonton tapi akses internet terbatas, bisa dateng langsung ke Sawala Space. Sampai jumpa!

Teu aya deui paribasa kurung batok! Yang belum bergabung dengan Katineung bisa ke katineung.com/join

#katineung #katineungsunda #katineungsumedang #jepang #yamanashi

Sharing Session: From Sumedang To New Zealand bersama Syaiful Hilal

UPDATE: Video sharing session ini dapat dilihat di Youtube Channel Inimahsumedang

Katineung mempersembahkan Sharing Session: From To. Di kegiatan pertama Katineung ini, Kang Syaiful Hilal (Mahasiswa Master of Energy, University of Auckland) akan berbagi kepada teman-teman semua mengenai pengalamannya studi di New Zealand. Mulai dari cerita bisa sampai ke sana dan kehidupan di sana.

Pantengin Youtube nya Inimahsumedang hari Minggu, 24 September 2017 jam 15.30 WIB. Karena kita akan live streaming dari Indonesia dan New Zealand. Sampai jumpa!

Katineung sharing session

Bergabung dengan Katineung!

Urang Sunda mah teu kenging kurung batok! . .

Katineung — Komunitas diaspora Sunda. Katineung menghubungkan orang Sunda yang tersebar di berbagai belahan dunia untuk berbagi pengalaman dan menyebarkan inspirasi.

Tidak hanya yang berada di luar negeri, tapi juga dengan yang di dalam negeri untuk berbagi pengalaman dan menyebarkan inspirasi. Tidak hanya yang sudah pernah/sedang tinggal di luar negeri, tapi juga yang ingin berkunjung/tinggal di luar negeri.

Teu aya deui paribasa kurung batok! Mari bergabung:  katineung.com/join