5 Kesenian Sunda yang Bisa Kamu Perkenalkan di Luar Negeri

Sampurasun Baraya Katineung! Kumaha damang?

Setelah sekian purnama, akhirnya kita upload lagi konten di website Katineung hehe. Dan di bulan Mei ini, banyak deadline pendaftaran beasiswa di luar negeri. Bagaimana dengan kamu, Baraya? Sudah mendaftar atau sedang menunggu pengumuman? Berada di tahap manapun, semoga mendapatkan hasil yang terbaik ya, Baraya! Serahkan segalanya pada Tuhan Yang Maha Esa. sun Baraya Katineung! Kumaha damang?

Berbicara tentang beasiswa ke luar negeri, rasanya penting sekali untuk kembali mengingatkan diri dari mana kita berasal. Sebagai orang-orang yang terlahir di tanah Sunda dan wujud kecintaan ka lemah cai, Baraya wajib mengetahui bahkan memperkenalkan kebudayaan Sunda di luar negeri. Karena biasanya banyak orang yang malah terbawa oleh arus budaya luar, sampai melupakan budaya sendiri sebagai identitas diri. Maka dari itu, jangan biarkan budaya yang telah dilestarikan secara turun temurun hilang meski di luar negeri. Justru kita harus bangga dengan keanekaragaman budaya di negeri sendiri.

Meskipun kesenian tidak dapat dipraktekkan oleh semua orang, setidaknya kamu harus tahu dan mengenal lebih dalam mengenai kesenian yang menjadi kekayaan Suku Sunda agar dapat memperkenalkannya pada dunia. Namun sebelumnya, perlu kamu ketahui bahwa kesenian-kesenian ini sudah populer di luar negeri lho. Jadi, jangan sampai Baraya tidak tahu saat teman-teman yang berasal di luar negeri bertanya tentang kebudayaan Sunda. Berikut 5 kesenian Sunda yang bisa kamu perkenalkan di luar negeri:

  1. Angklung
Sumber: merdeka.com

Alat musik tradisional Jawa Barat ini telah dipentaskan pada banyak acara di berbagai belahan dunia. Dan tentunya bagi Baraya Katineung, alat musik ini sudah tidak asing lagi. Terbuat dari bambu, angklung dimainkan dengan cara digoyangkan. Ada beberapa jenis angklung di antaranya, angklung kanekes, angklung dogdog lojor dan angklung reyog. Masyhurnya alat musik ini tidak terlepas dari peran seorang seniman angklung, Udjo Ngalegena, yang telah mengajarkan cara bermain angklung ke berbagai komunitas sejak tahun 1966. Karena itu pula, kita tidak akan asing dengan “Saung Angklung Udjo”.

2. Suling

Sumber: nandaabiz.com

Suling juga tak kalah terkenalnya dengan angklung. Suara merdu yang dihasilkannya pasti akan mengingatkan kita pada kehidupan di Tanah Sunda. Suling khas Sunda tidak dibuat dari sembarang bambu, akan tetapi terbuat dari bambu khusus yaitu bambu Tamiang. Cara memainkannya yaitu ditiup dan nadanya diatur oleh gerakan jari dan kecepatan aliran udara yang ditiupkan pemain.

3. Jaipongan

Sumber: merahputih.com

Tari Jaipong atau Jaipongan merupakan tarian khas Sunda yang berasal dari Karawang. Tarian yang menggabungkan gerakan pencak silat, wayang golek, ketuk tilu, topeng banjet dan lainnya ini dikenalkan pertama kali oleh H.Suanda pada tahun 1976. Ciri khas dari Jaipongan yaitu ceria, spontan, erotis, semangat, humoring, dan sederhana.

4. Wayang Golek

Terbuat dari kayu, wayang golek dimainkan oleh seorang dalang seperti wayang kulit oleh seorang dalang. Boneka-boneka kayu ini digerakkan saat dipentaskan sebuah drama yang biasanya bertemakan keagamaan, dan dibawakan dalam bahasa Sunda.

Sumber: penerbitbukudeepublish.com

5. Sisingaan

Sisingaan merupakan salah satu pertunjukan yang menggunakan hewan tiruan yang diangkat menggunakan tandu. Pertunjukan ini diiringi oleh musik dan tarian. Sisingaan ini terinspirasi dari Reog Ponorogo dan kemudian dibawakan dengan khas Subang. Pertunjukkan sisingaan ini biasanya dilakukan dengan mengelilingi kampung atau jalanan kota.

Sumber: kebudayaan.kemdikbud.go.id

Sekian ringkasan penjelasan mengenai 5 kesenian Sunda yang bisa kamu perkenalkan. Cari tahu lebih lanjut mengenai hal ini pada laman lainnya. ingat! di manapun kamu berada, kamu sedang membawa identitas sebagai masyarakat Sunda. Kamu tidak keren saat mengikuti budaya luar sampai melupakan asal diri sendiri. Tapi kamu sangat keren, saat mengenal kesenian Sunda lebih dalam dan bahkan mengenalkannya pada dunia.

Sumber: 101 Kebudaayaan Sunda yang Populer di Indonesia – IlmuSeni.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *