Persiapan Kuliah di Luar Negeri masih 0? Baca Ini!

Mungkin saat ini, kuliah di luar negeri masih menjadi cita-cita. Namun tanpa usaha, cita-cita tersebut tidak akan terwujud. Terlebih untuk mewujudkan berkuliah di luar negeri bukan hal yang mudah. Sangat diperlukan perencanaan dan persiapan yang matang. Lalu bagaimana dengan persiapanmu? Sudah siap, atau masih belum tau apa yang harus dipersiapkan?

Sebelum menyiapkan hal-hal yang bersifat administratif, kamu harus membuat rencana kuliah di luar negeri atau study plan. Dengan perencanaan yang baik, persiapanmu juga akan lebih terarah. Karena dengan perbedaan keadaan, baik secara geografis atau kebudayaan, kuliah di luar negeri akan menjadi riskan tanpa persiapan.

Pertama, tentukan apa yang menjadi keinginan dan minat kamu. Menjadi seorang jurnalis, sastrawan, dokter atau pebisnis dan sebagainya? Lihat kembali riwayat pendidikan serta pengalaman kamu dalam suatu bidang, entah dari pengalaman organisasi atau pengalaman kerja yang berkaitan dengan bidang keilmuan yang akan kamu pelajari.

Pilihlah apa yang benar-benar jadi minat kamu, agar berkuliah di luar negeri menjadi sesuatu yang menyenangkan dan bisa kamu nikmati. Dengan menikmati perkuliahan, kamu masih bisa fokus terhadap apa yang menjadi tujuan kamu. Sedangkan, akan ada banyak gangguan karena beradaptasi dengan banyak hal yang tidak selamanya bisa dilalui dengan mudah.

Kedua, tentukan negara dan universitas yang menjadi tujuan kamu. Hal ini menjadi sangat penting karena kamu akan menjalankan kehidupan di sana selama beberapa tahun dan menentukan kualitas pendidikan yang akan kamu dapat.

Beberapa hal yang harus menjadi pertimbangan kamu dalam menentukan negara dan universitas ini adalah :

  1. Kondisi geografis. Kamu harus  mampu bertahan dengan jarak yang jauh serta musim di negara tersebut.
  2. Kondisi budaya. Kamu harus tahu bagaimana dengan kebudayaan di negara pilihan kamu. Apakah akan menyulitkan kamu? Atau kamu mampu beradaptasi dengan hal itu? Yang paling penting, apakah dengan identitas (negara asal, ras atau agama) kamu akan aman di negara tersebut?
  3. Rating universitas berdasarkan minat kamu. Jika minatmu adalah kedokteran, pilihlah universitas dengan kedokteran peringkat terbaik di negara tersebut. Tentunya pilihan universitas ini tidak selalu harus peringkat satu, bisa disesuaikan dengan beasiswa yang kamu apply atau sesuai dengan persyaratan dan kemampuan diri.

Biasanya pilihan negara dan universitas ini terinspirasi oleh sesuatu atau dianjurkan oleh orang lain. Misalkan kamu ingin berkuliah ke negara Jepang karena terinspirasi oleh anime, atau ingin berkuliah di Mesir karena anjuran keluarga. Atau mungkin karena minat dan pendidikan sebelumnya di kedokteran, maka pilihanmu adalah negara Jerman yang memiliki pendidikan kedokteran terbaik di dunia.

Agar kamu banyak mendapatkan insight tentang pilihan negara dan universitas ini, kuncinya adalah membaca. Di zaman teknologi ini, kita dapat dengan mudah mengakses berbagai informasi dari seluruh penjuru dunia. Hanya saja tergantung bagaimana cara kita memanfaatkan kemudahan ini.

Sudah banyak website dan akun media sosial yang memberikan informasi mengenai beasiswa luar negeri. Salah satunya indbeasiswa.com dan akun twitter @BeasiswaGratis . Begitupula melalui akun instagram @katineungcom, kami akan selalu memberikan informasi beasiswa ter-up to date. Jadi stay tune terus untuk informasi beasiswa lainnya.

Sumber gambar ; Canva.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *